Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Sebaiknya beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

Gunakan kode FREESHIP untuk pesanan di atas IDR 90.000

Hai Nona! Unduh aplikasi pelacak menstruasi kami untuk iOS & Android untuk memahami lebih baik tentang siklus menstruasi kamu.

Guide to self-love

Panduan Pemula Untuk Mencintai Diri Sendiri

Oleh Maisha R (diterjemahkan oleh Chuurur R) (Love Me Love You)

 

Self-love (mencintai diri sendiri) telah menjadi istilah populer akhir-akhir ini. Apakah ini tentang memanjakan dirimu dengan makanan mewah atau perawatan kulit termahal, kita semua melakukannya dengan tujuan untuk mencintai diri kita sendiri.

Pada kenyataannya, self-love lebih dari itu. Menunjukan perhatian yang layak untuk diri kita sendiri memerlukan kerja batin yang dalam hingga rentang waktu berbulan-bulan, bertahun-tahun, dan bahkan seumur hidup.

Ini semua tentang mengetahui apa yang kamu butuhkan secara fisik, mental, emosional, dan spiritual. Ini juga tentang memberikan dirimu sendiri apa yang membuatmu merasa puas dan bahagia.

Sayangnya, tidak ada cara yang “cocok untuk semua orang” untuk self-love. Setiap orang mempunyai sifat dan kebutuhannya sendiri yang membuat perjalanan mereka unik. Jika kamu perlu beberapa petunjuk, bagaimanapun juga, panduan ini dapat menuntunmu melalui langkah-langkah dalam memulai pencarianmu untuk mencintai diri sendiri (self-love).


1. Amati dirimu sendiri 🔎

Ada sebuah ungkapan klasik Indonesia yang berarti, “Tak kenal, maka tak sayang.” ini juga berlaku untuk diri kita - bagaimana kita bisa merawat pikiran, hati, dan tubuh kita dengan benar saat kita tidak tahu apa yang kita perlukan?

Mengamati dirimu sendiri adalah semua hal tentang menjadi lebih perhatian atas pikiran dan perilaku kita, terutama hal-hal yang membuat kita merasakan emosi yang kuat. Mengerti dirimu sendiri membantu kamu untuk menemukan bagaimana kamu dapat memulai perjalanan self-love-mu dan bagaimana kamu bisa mendukung dirimu melaluinya.

Berikut beberapa pertanyaan pemula untuk membantu menanamkan kesadaran diri:

  • Kapan kamu merasa paling bahagia?
  • Situasi apa yang cenderung kamu hindari? Emosi seperti apa yang situasi itu picu?
  • Apa yang kamu inginkan dalam hidup? Pola pikir atau perilaku apa yang tetap menahanmu untuk mencapai itu?

Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin sulit untuk dijawab langsung dari atas kepalamu, jadi luangkan waktumu untuk menjawabnya.

Pertanyaan terakhir sangat penting. Kadang, secara tidak sadar, kita menyabotase diri kita untuk mendapatkan keinginan kita karena merasa kita tidak pantas mendapatkannya. Salah satu tujuan self-love adalah memberdayakan diri kita untuk meninggalkan pemikiran ini. .


2. Mengurangi kontak dengan hal-hal yang memicu ketidaknyamanan ⛔️

Terkadang, kita tidak sadar bagaimana perasaan kita sebenarnya terhadap objek, situasi, atau orang-orang tertentu sampai kita menjauhkan diri dari mereka. Itulah sebabnya penting untuk mengambil langkah mundur dan melihat peran apa yang mereka mainkan di hidupmu.

Lihatlah lingkaran pertemananmu, tempat kerja, lingkungan rumah, atau bahkan kebiasaanmu sendiri. Salah satu hal-hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau kegelisahan, tapi kamu mungkin tidak menyadarinya karena kamu merasa akrab.

Catat penggunaan kata “mengurangi” daripada “menghapus”, karena terkadang hal-hal ini tidak bisa kita hindarkan. Tujuan pada langkah ini adalah hanya untuk memeriksa kenapa mereka selalu memicu kamu.

Mari ambil media sosial sebagai contoh. Banyak orang menonaktifkan akun Instagram mereka karena efek negatif aplikasi itu pada mereka, seperti menaikkan rasa gelisah dan stres umum.

Tentu saja, permasalahannya di sini bukan Instagram sendiri - tapi bagaimana orang-orang menggunakannya. Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan media social yang intensif dapat menyebabkan perasaan rendah diri, terutama ketika terbiasa mencari validasi dan pengakuan dari orang lain.

Dalam kasus seperti itu, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi sosial ini untuk sementara waktu. Kamu dapat selalu kembali ke media sosial - atau situasi apapun, objek, atau orang yang memengaruhimu - saat kamu sudah siap.

Tapi untuk sekarang, menghilangkan pemicu-pemicu itu dapat membantu menjernihkan emosi dan pikiranmu, serta mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.


3. Pelajari lebih lanjut dirimu 📚

Sekarang kamu sudah lebih mengetahui bagaimana situasi atau objek tertentu memicu emosi yang kuat, ayo temukan alasan dibaliknya.

Cara yang paling disarankan untuk melakukan ini adalah bekerja dengan terapis, konselor, atau pelatih. Seorang profesional di luar lingkaran pertemanan kita dapat:

  • Mengamati situasimu dari perspektif yang jauh lebih netral.
  • Membantumu memahami apa yang dibutuhkan batinmu untuk merasa dicintai.

Jika kamu tidak memiliki akses kepada bantuan profesional, bagaimanapun juga, masih ada cara-cara untuk kamu mencari tahu apa yang sedang terjadi. Cek buku dan sumber berikut untuk memulai:

  • The power of vulnerability by Brené Brown. TED Talk yang viral ini telah menginspirasi jutaan orang untuk memulai perjalanan self-love mereka. Brown berbicara tentang aksi radikal dalam menerima dan mencintai kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
  • The Mountain is You by Brianna Wiest. Buku ini akan memandumu melalui semua hal yang membuatmu menyabotase dirimu sendiri dan bagaimana mengatasinya.
  • Body Respect by Linda Bacon and Lucy Aphramor. Sebuah buku rekomendasi untuk kamu yang berjuang dengan tampilan tubuh. Buku ini mengkritik anggapan kesehatan umum dan akan mendorongmu untuk merayakan keberagaman tubuh.
  • The Journey from Abandonment to Healing by Susan Anderson. Jika kamu menunjukkan perilaku kodependen – yaitu memberikan begitu banyak dari dirimu kepada orang lain sehingga kamu mengabaikan kebutuhanmu sendiri – buku ini dapat membantu menjelaskan alasannya.
  • Self-compassion exercises and worksheets by Positive Psychology. Jika kamu lebih suka pendekatan langsung, pertimbangkan untuk melakukan latihan yang disediakan di sumber ini.
  • @lovemeloveyou.co di Instagram Love Me Love You adalah sebuah komunitas yang mendukung self-love dan personal development (perkembangan diri) untuk perempuan. Ikuti kami untuk tips dan pengingat yang dapat ditindaklanjuti untuk memandu kamu dalam perjalanan self-love kamu.


4. Buat rencana aksi ✍️

Pada titik ini, kamu mungkin memiliki beberapa ide mengenai makna mencintai dirimu sendiri dan hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya. Jadi, mari kumpulkan semua ke dalam rencana yang berpadu.

Ini bisa dalam bentuk peta konsep (mind map), catatan jurnal, catatan digital, atau format apapun yang paling sesuai dengan dirimu. Hal yang paling penting adalah rencananya harus bertindak sebagai panduan yang dapat kamu rujuk secara teratur atau kapan pun kamu membutuhkan pengingat pada hari-hari burukmu.

Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat kamu gunakan untuk menulis rencana:

  • Seperti apakah dirimu yang “lebih tinggi” dan di masa depan? Apa yang dapat kamu lakukan untuk menjadi seperti orang itu hari ini?
  • Apa tiga sifat yang kamu suka tentang dirimu sendiri?
  • Saat hari buruk, apa yang kamu lakukan agar merasa dicintai?
  • Apa kata yang perlu kamu dengar agar perasaanmu terasa dikuatkan?
  • Proses berpikir dan perilaku baru apa yang dapat kamu mulai untuk menggantikan kecenderungan dalam membatasi dan menyabotase diri sendiri?
  • Batasan apa yang perlu kamu terapkan dalam hubunganmu? Artinya, perilaku apa yang tidak mau kamu toleransi agar merasa dicintai dan dihormati?
  • Melengkapi peta IKIGAI juga merupakan cara yang bagus untuk membuat rencana untuk diri sendiri.

Jadilah setuntas mungkin dengan jawabanmu. Menuliskan hal-hal ini adalah cara bagi kamu untuk mewujudkan versi dirimu yang paling bahagia, paling percaya diri, dan paling dicintai. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengetahui secara tepat apa yang kamu butuhkan dan bagaimana mewujudkannya.


5. Membiasakan untuk perhatian 🧘‍♀‍

Kegiatan mindfulness (perhatian) seperti meditasi sering ditampilkan dalam panduan cinta-diri – dan untuk alasan yang baik.

Kebiasaan ini mendorong kamu untuk lebih sadar akan pikiran, perilaku, dan emosi kamu. Mereka membiarkan kamu untuk melihat dirimu sendiri melalui lensa terpisah dan mencegah kamu kembali ke kebiasaan lamamu.

Jika kamu tertarik untuk meditasi, mulai dari yang kecil. Unduh aplikasi seperti Riliv, Headspace, atau Calm dan coba sesi singkat mereka. Atau, cari meditasi terpandu di YouTube. Bahkan lima menit latihan pernapasan dapat membantu kamu lebih menyesuaikan diri dengan keberadaan kamu.

Menulis jurnal adalah aktivitas mindfulness populer lainnya. Psikolog holistik Nicole LePera memiliki serangkaian petunjuk yang disebut future-self journaling (penjurnalan diri masa depan) yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk menumbuhkan kesadaran diri.

Jika kegiatan-kegiatan ini tidak terdengar menarik, pertimbangkan:

  • Pergi keluar untuk berjalan-jalan
  • Berlatih yoga
  • Mengerjakan seni atau kerajinan
  • Membersihkan lingkunganmu
  • Terhubung dengan alam
  • Mengamati sekitarmu


6. Tetap bereksperimen 💖

Perjalanan mencintai diri (self-love) adalah sebuah perjalanan yang panjang, yang bahkan dapat berlangsung seumur hidup. Pada awalnya, kamu mungkin bisa mencoba hal berbeda untuk menemukan aktivitas atau sistem apa yang paling mendukung pertumbuhan kamu.

Selain itu, perjalanan self-love selalu berevolusi sehingga hal yang bekerja sekarang mungkin tidak bekerja pada masa yang akan datang. Jadi, milikilah pemikiran terbuka dan siap untuk bereksperimen. Setelah kamu mengupas satu lapisan dari dalam dirimu, kamu biasanya akan menemukan bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari di sepanjang jalan.

Pada akhirnya, bersabarlah. Hasil yang kamu inginkan mungkin tidak akan tampak hari ini, tapi setiap langkah kecil yang kamu ambil akan membawamu ke sana. Akan ada hari di mana kamu merasa murung, dan itu tidak apa-apa. Hari buruk bukan sebuah tanda kalau kamu tidak berkembang.

Apa yang penting adalah kamu tetap pada perjalanan dan terus berjalan.

 

 

----------------

Kolaborasi dengan Love Me Love You

Love Me Love You adalah komunitas online yang menawarkan konten, acara, dan produk inspiratif yang mengingatkan wanita akan pentingnya mencintai diri sendiri dan orang lain di setiap bidang kehidupan. Visi mereka adalah menginspirasi setiap wanita di Indonesia untuk mencintai diri sendiri dan lebih mencintai orang lain. Ikuti mereka di @lovemeloveyou.co.

Gunakan aplikasi GRATIS pelacak menstruasi Nona Woman untuk melacak siklus dan gejala menstruasi Anda. Aplikasi pelacak menstruasi wanita tersedia di IOS & Android

 

Tinggalkan komentar

Use coupon code WELCOME10 for 10% off your first order.

Keranjang

Selamat! Pesanan Anda memenuhi syarat untuk pengiriman gratis Spend Rp 200.000 for free shipping
Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda saat ini kosong.